Friday, June 7, 2013

9 Makanan Layak Cicip di Filipina

Video pariwisata terbaru Filipina menunjukkannya dengan jelas: kata sapaan dalam Filipina adalah “Sudah makan?” Dan bahkan jika Anda menjawab sudah, Anda tetap akan ditarik ke meja makan atau mendapat sepiring makanan untuk dicoba. Makanan yang Anda dapatkan bisa bervariasi dari adobo yang asin dan asam, atau halo-halo yang dingin dan manis.

1. Lechon
Makanan Layak Cicip di Filipina
Makanan ini akan selalu ada pada setiap acara di Filipina — mulai dari pesta hingga pernikahan. Lechon atau babi panggang utuh Filipina adalah makanan yang harus dicoba bagi semua orang yang suka makan babi. Kulit renyah dan dagingnya yang lembut membuat makanan ini dapat menjadi babi terenak yang mungkin pernah Anda makan. Setidaknya itulah apa yang dikatakan koki Amerika dan bintang TV, Anthony Bourdain, dalam acaranya, “No Reservation”.
Tempat untuk mencobanya: Pemilik restoran terkenal Filipina, Elbert Cuenca, merekomendasikan lechon dari Cebu (coba salah satu dari Zubuchon), di Manila, Tee menyarankan, "Spicy Lechon Cebu dari Rico atau lechon organik dari Hecky. Untuk lechon kelas atas, cobalah Lechon Pepita yang diisi dengan bawang putih panggang dan kentang atau nasi truffle yang dibuat hanya berdasarkan pesanan dari Dedet de la Fuente.”

2. Adobo
Makanan Layak Cicip di Filipina
Anda mungkin bisa menganggap makanan ini sebagai makanan nasional Filipina. “Hadir di setiap rumah Filipina, hidangan ini mungkin sangat umum, tapi makanan itu jauh dari kata biasa,” kata Rachelle Santos dari majalah Yummy yang berbasis di Filipina. Dalam bentuk yang paling sederhana, adobo terdiri dari daging (biasanya ayam dan/atau babi), cuka, kecap, bawang putih, dan lada hitam. Tapi daerah yang berbeda akan menampilkan lebih banyak versi menarik dari adobo seperti adobo sa gata (adobo dengan santan) dari provinsi Bicol yang kaya akan kelapa atau adobo sa dilaw dengan rasa kunyit dari Batangas. "Makanan ini sangat populer dan salah satu dari beberapa hidangan Filipina yang telah menembus ke dalam dunia makanan internasional.
Tempat Anda bisa mencobanya: Kafé Juanita, Chef Tatung, atau restoran Abe. 

3. Sinigang
Makanan Layak Cicip di Filipina
Sharwin Tee, koki dan pembawa acara “Curiosity Got The Chef”, menyebutnya sebagai sup favorit Filipina dan “Salah satu pilar masakan Filipina” yang harus dicoba. Kaldu yang sangat asam akan menambah selera dan membuat Anda semakin lapar. Sayuran yang renyah menjadi penyeimbang untuk kandungan kaya protein seperti makanan laut, daging sapi atau babi.
Tempat Anda bisa mencobanya: Sentro 1771 (“Bagi orang asing yang baru pertama mencoba makanan ini, Sinigang na Corned Beef dari Sentro 1771 adalah pilihan tepat. Anda bisa mengatur tingkat keasaman dari kaldunya,” kata Tee.)

4. Sisig
Makanan Layak Cicip di Filipina
Sebuah andalan di setiap sesi inuman (minum), sisig adalah "campuran telinga babi, wajah, hati dan kadang-kadang perut, yang dimasak dengan bawang, merica dan cabe," kata Tee. "Makanan ini memiliki rasa dan tekstur yang kontras.”
Santos memuji teksturnya yang renyah dan kenyal, dengan sedikit rasa asap dan asam dari cuka dan calamansi (lemon Filipina). Makanan ini juga punya penggemar di New York dan memperoleh gelar "Best New Food" dari Time Out New York setelah restoran Filipina yang berbasis di Manhattan, Maharlika, mulai menjualnya.
Tempat Anda bisa mencobanya: Di Manila, cobalah di Aysee atau restoran Gerry Grill. Juga di Pampanga, yang menjadi tempat sisig berasal, cobalah Aling Lucing atau Mely.

5. Batchoy
Makanan Layak Cicip di Filipina
Masakan Filipina tidak pernah menyia-nyiakan daging (contoh: sisig) dan hidangan mi yang populer dari provinsi Iloilo di wilayah Visayan ini mengolah berbagai organ babi ke dalam semangkuk sup bersama dengan caldo (kaldu daging babi atau sapi) yang gurih, asin dan sedikit manis, mi, daging babi, dan telur mentah.
Tempat Anda bisa mencobanya: Koki juri Junior Master Chef Pinoy, JP Anglo, yang berasal dari Bacolod merekomendasikan batchoy di 21 Restaurant di provinsi tersebut. Di Manila, cobalah Deco atau Bacolod Chicken House dekat Intramuros.

6. Pancit Molo
Makanan Layak Cicip di Filipina
Terlepas dari 300 tahun penjajahan Spanyol yang sangat memengaruhi masakan Filipina, pedagang Cina dan pendatang dari beberapa abad yang lalu juga meninggalkan jejak kuliner mereka di Filipina — yang paling jelas adalah pancit (mi) dan hidangan sup. Meski pancit molo tidak memiliki mi, namun memiliki wonton (pangsit babi) di dalam sup kaldu ayam yang berisi lapisan ham, udang dan bawang putih kaya rasa.
Tempat Anda bisa mencobanya: Di provinsi Iloilo dan Bacolod. Koki, pengusaha restoran, sekaligus penulis buku makanan Claude Tayag di bukunya “Linamnam: Eating One’s Way Around the Philippines,” merekomendasikan hidangan pancit molo dari Anglo di Mushu, Bacolod.

7. Ayam inasal
Makanan Layak Cicip di Filipina
Daging yang dipanggang di atas bara api besar juga terkenal di Asia. Di antara semua variasi yang berbeda dari daging dan bumbu yang dipanggang, ayam inasal mungkin salah satu yang paling disukai. Berasal dari provinsi Visayan dari Bacolod, ayam inasal adalah ayam panggang yang direndam dalam jahe, serai, cuka, dan calamansi serta dipoles dengan minyak annatto. Tidak seperti daging panggang populer lainnya di Filipina, inasal punya cita rasa lebih asam bukannya manis, dan rasa asam dengan rasa kulit yang terbakar dan daging ayam yang lembut merupakan perpaduan cita rasa yang membuat lidah bagai mencicip surga.
Tempat Anda bisa mencobanya: Di Bacolod, Anglo menyarankan untuk ke Bernadette, Manokan Country atau Chicken House, di Manila, JT Manukan adalah dianggap paling “otentik”.

8. Kare-kare
Makanan Layak Cicip di Filipina
Sup berisi sayuran, ekor sapi, babat, dan daging sapi ini adalah yang paling menonjol dari semua sup Filipina (sebagian besar dibuat dengan bahan dasar saus tomat) bukan hanya karena saus kacang yang menjadi dasarnya tetapi juga lauk yang dihidangkan bersama dengannya. Bagoong alamang atau tumis terasi asin memberikan rasa asin dan lezat untuk Kare-kare yang rasanya tidak terlalu kuat. Wisatawan banyak yang membawa pulang sebotol makanan berbumbu pedas dan berbau kuat ini. Pastikan untuk menutup botolnya dengan baik.
Tempat Anda bisa mencobanya: Café Juanita atau La Cocina de Tita Moning.

9. Halo-halo
Makanan Layak Cicip di Filipina
Makanan penutup lokal sebagian besar terdiri dari berbagai kue beras dan manisan buah, tetapi jika Anda ingin sesuatu yang menyegarkan setelah menghabiskan hari di bawah matahari tropis, halo-halo adalah hidangan yang paling lezat. “Makanan ini adalah bukti kecintaan orang Filipina pada makanan penutup dan sebuah karya yang menunjukkan berbagai kemanisan yang ditawarkan Filipina.” kata Santos. “Makanan dingin ini adalah perpaduan dari rasa, warna, dan tekstur lembut kacang yang dimaniskan, nata de coco yang kenyal dan kaong, hingga leche flan dan ube haleya yang penuh krim, serta pinipig panggang yang renyah." Dan semua itu disiram dengan susu dan sesendok es krim ube.
Tempat untuk mendapatkannya: Santos merekomendasikan Manila Peninsula dan Milky Way Café di Makati, dan Kabigting di Pampanga.

No comments:

Post a Comment